Beranda | Artikel
Mengisi Ramadhan dengan Kebaikan
Kamis, 23 Maret 2017

Bismillah. Wa bihi nasta’iinu.

Ramadhan bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Di bulan itulah mereka menjalankan ibadah puasa di siang hari selama sebulan penuh. Pada bulan itu pula, mereka berduyun-duyun memakmurkan masjid dengan sholat tarawih, tadarus al-Qur’an, dan sedekah kepada sesama.

Betapa merugi apabila Ramadhan datang dan pergi begitu saja tanpa kenangan indah dan faidah yang membekas dalam kehidupan kita. Meskipun demikian, seringkali kita jumpai saudara-saudara kita kaum muslimin yang kurang menyadari keagungan makna bulan ini. Ramadhan menjadi pentas untuk pertunjukan busana. Atau Ramadhan berubah menjadi ajang ceramah tanpa ilmu. Atau Ramadhan menjadi kesempatan bermalas-malasan dan begadang sampai kebablasan. Bahkan tidak jarang kita temukan orang-orang yang tidak puasa secara terang-terangan.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, hari demi hari terus berlalu dan Ramadhan pun semakin dekat. Apa yang harus kita lakukan menyambut bulan mulia itu? Sudahkah kita menimba ilmu mengenai tata cara dan tuntunan yang benar dalam berpuasa? Bukankah ilmu merupakan landasan bagi ucapan dan amalan kita? Bagaimana kita bisa beribadah dengan benar jika kita tidak mengetahui ilmunya? Jadi, mari manfaatkan waktu luang untuk belajar dan belajar.

Mungkin Ramadhan nanti anda diberi kesempatan untuk memberikan kultum, maka manfaatkanlah kesempatan itu untuk memberikan nasihat dan pelajaran yang bermanfaat. Tentu saja untuk itu anda juga butuh belajar, menimba ilmu dari sumber-sumbernya. Sebab betapa banyak kita lihat orang yang nekat berbicara dalam agama ini tanpa ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan manusia. Jangan sampai bulan yang semestinya bertabur pahala menjadi bulan yang banjir dosa.

Bagi anda yang memiliki kelebihan harta, maka menyalurkan bantuan untuk kegiatan dakwah serta menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan adalah ladang pahala untuk anda. Bagi anda yang memiliki tenaga dan kelapangan maka anda juga bisa membantu pelaksanaan kegiatan kebaikan di masjid-masjid walaupun hanya dengan ikut membersihkan tempat wudhu, menyapu halaman, memberikan wewangian untuk masjid, dsb. Banyak sekali ladang kebaikan yang bisa anda garap di bulan yang mulia ini. Mengajarkan al-Qur’an atau mempelajarinya. Membagikan buletin dakwah, buku dakwah, majalah islam, panduan dzikir dan doa, dst.

Bagi anda yang menjadi panitia kegiatan Ramadhan, berusahalah untuk mencari pembicara dan penceramah yang mengerti agama, jangan hanya mencari pembicara yang bertitel tetapi tidak paham agama. Jangan pula mencari pembicara yang mengajak kepada pemikiran yang menyimpang dari pokok-pokok ajaran Islam. Apabila bisa pilihlah para imam sholat yang bagus bacaan sholatnya dan memahami hukum-hukum sholat. Kalau perlu hendaknya anda buat jadwal adzan untuk para remaja agar mereka bisa ikut mendukung kegiatan ibadah di masjidnya. Susunlah program kegiatan TPA di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan apabila pengajian buka puasa bisa anda kelola dengan baik bisa menjadi pesantren sore yang penuh makna. Ya, bukan hanya orang dewasa, bahkan anak-anak dan remaja pun butuh bimbingan ilmu agama.

Bagi anda para pemuda, gunakanlah bulan Ramadhan untuk semakin dekat dan akrab dengan al-Qur’an. Pelajari cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, renungkan kandungan isinya, pahami hukum-hukumnya, dan lunakkan hati dengan membacanya. Bagi anda remaja muslimah dan ibu rumah tangga, manfaatkan bulan Ramadhan dengan dzikir, membaca buku-buku bermanfaat dan kisah orang-orang salih terdahulu, niscaya itu akan bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga dan masa depan anda. Jangan membuang waktu dalam perkara sia-sia.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/mengisi-ramadhan-dengan-kebaikan/